Sabtu, 27 Juni 2015

DINAMIKA KEHIDUPAN

Hidup adalah anugerah terindah dari Tuhan, tapi terkadang manusia tidak bisa menghargai hidupnya. Saat posisi sulit manusia menganggap hidup itu kejam, tapi disisi lain saat posisi mudah manusia meremehkan hidup. Apa arti hidup sebenarnya ? apa hidup itu ? dan bagaimana kehidupan itu ?. Siapapun bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, tapi sedikit orang yang bisa memaknainya.

Hidup adalah perbuatan, tanpa berbuat manusia terlihat mati. Perbuatanlah yang menunjukkan hasil, perbuatanlah yang menunjukkan manusia hidup, hanya dengan berbuat orang akan melihat keberadaan kita. Terlepas dari salah atau benar, setiap perbuatan selalu menunjukkan keberadaan, tak peduli salah ataupun benar jangan pernah takut berbuat. Kebenaran tidaklah haqiqi dan kesalahan tidaklah murni. Disetiap kehidupan takkan bisa lepas dari dua hal tersebut, tak ada yang bisa menilai secara persis, yang bisa manusia lakukan hanyalah berbuat, karena hidup adalah perbuatan.

Hidup adalah proses, disinilah makna kehidupan berada. Tak ada yang instan dalam hidup, semua berjalan sedikit demi sedikit, tahap demi tahap. Dalam hidup butuh proses, proses untuk berjalan, proses untuk berlari dan proses untuk menjadi lebih baik lagi. Proses itu adalah sesuatu yang kita tahu awalnya, namun kita tidak pernah tahu kapan hal tersebut akan berakhir. Dalam kehidupan kita tidak tahu kapan proses akan berakhir, apakah ketika kita sudah sukses atau ketika kita sudah mati proses akan berakhir ?. Tidak ada yang pasti dalam kehidupan, semua berawal dari tiada  menjadi ada, begitulah sebuah proses berjalan, maka berharaplah hanya kepada yang memberi kita kehidupan. Jadi sebagai manusia yang bisa kita lakukan dalam hidup hanyalah berproses yang tidak tahu bagaimana hasilnya, yang terpenting kita sudah melakukan proses dengan segala kemampuan kita. Jangan pernah kecewa, jangan pernah menyerah, teruslah berjuang untuk mencapai tujuan dengan proses yang kita bisa.

Dalam kehidupan berbagai tantangan dan cobaan pasti ada, bagaimana kehidupan itu ? ya pastinya tak lepas dari tantangan dan cobaan, semua kesulitan pasti ada, bagaimana menghadapinya, hanya diri kita yang mengerti. Hadapilah badai yang ada didepan, lari hanya akan membuat diri kita hancur. Begitu juga dengan hidup, jika kita terus lari dari berbagai tantangan, cobaan dan masalah, maka kita akan tenggelam dan hancur didalamnya, bangkit adalah harus bagi kita yang ingin berhasil dalam kehidupan. kadang kita menyerah ketika kita sudah dekat dengan kesuksesan, maka dari itu jangan pernah berhenti berusaha, karena segala sesuatu yang luar biasa diciptakan oleh orang-orang yang tidak pernah berhenti berusaha,bahkan disaat kelihatannya tak ada harapan lagi.

By : G. Boneng Chem

0 komentar:

Posting Komentar