Kamis, 25 Juni 2015

KEHIDUPAN KU


Saat semua terfikir dibenakku, disitu saya harus melakukan. Segala kebimbangan, ketakutan dan kebingungan harus hilang demi tercapainya semua tujuan. Perkembanganku ada ditanganku, ada dalam diriku, sejauh mana saya bisa belajar maka saya akan terus belajar, karena dengan belajar saya bisa mengerti, tidak ada orang yang pintar, yang ada adalah orang yang mengerti. Karena mengerti jauh melebihi pintar.

Saat ini, untuk memperoleh pengertian yang baik, sulit bagi saya jika sendirian. Tak bisa dipungkiri bahwa manusia adalah sosok makhluk sosial, bahwa manusia tetap butuh seseorang yang mendukungnya, yang berjalan bersama, berbagi rasa yang disebut sahabat. Sahabatlah yang selalu bersedia mendukung dan menemani disetiap jalan dalam tujuan dan hidup ku. Saya membutuhkan kalian sahabat-sahabat ku.

Jika masalah membuat saya lemah, maka sahabat-sahabat ku yang membuatku kembali kuat. Jika kekurangan ku yang membuatku buruk, maka sahabat-sahabat ku yang akan mengeluarkan kelebihanku.

Keyakinan untuk menjalani hidup akan tetap ada, demi orang-orang yang menyayangiku. Dan keyakinan ku bahwa hidup adalah proses, Proses untuk membentuk sebuah kenangan ketika aku sudah tiada. Itulah sebabnya Tuhan menciptakan panca indra beserta akal untuk manusia, agar manusia dapat membuat kenangan dengan itu semua, yang terbaik adalah yang mau. Yang mau melakukan dan yang mau berbuat.

Tak ada manusia yang sempurna, setiap kesalahan tak bisa terlepaskan dari kehidupan ku. Tapi seiring berjalannya waktu kesalahan itupun lenyap menjadi kenangan dan hari ini adalah hari baru ku. Akan terus ada hari-hari yang baru, yang meninggalkan kenangan, meninggalkan jejak, meninggalkan sejarah. Karena tidak ada hari kemarin ataupun hari besok, yang ada hanyalah hari ini, hari dimana aku melakukan dan berbuat, dimana hari ini akan dikenang sebagai hari kemarin dan akan diinginkan sebagai hari besok.

Perjalanan hidup tak ada yang bisa menebak. apakah hari ini aku akan sedih atau gembira, akan baik atau buruk, bahkan akan hidup atau mati, semua itu tak ada yang bisa mengerti, dan yang bisa kita lakukan hanyalah melakukan dan berbuat. Disinilah makna hidup manusia, disinilah arti hidup manusia. Jangan takut melakukan dan berbuat, jangan takut salah atau benar. Lakukanlah dan berbuatlah maka selanjutnya perlakuan dan perbuatan akan selalu dikenang.


By : G. Boneng Chem

0 komentar:

Posting Komentar